Beli Produk

97


Rp 50.000,-

Jual Temulawak bubuk dan kering. Temulawak dalam bentuk serbuk lebih mudah digunakan karena lebih praktis. Bagi anda produsen herbal, penjual jamu tradisional, dan konsumen obat herbal kami jual  temulawak murni serbuk dengan harga grosir yang murah. Berikut harga temulawak bubuk dan kering:

1 kg : Rp 50.000

½ kg : Rp 25.000

Sejak jaman dahulu temulawak banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. Temulawak terkenal sebagai obat herbal asli Indonesia yang banyak digunakan untuk jamu dan dikonsumsi sebagian besar masyarakat. Kandungan utama rimpang temulawak adalah protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri atas kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin

Bagian yang banyak dimanfaatkan yaitu akar atau disebut rimpang. Akar inilah yang diolah menjadi obat herbal atau jamu. Cara pengolahan temulawak sendiri bias bermacam-macam mulai dari diparut, ditumbuk, direbus, diekstrak dan lain-lain.

Temulawak mengandung kurkuminoid (kurkuma) yang biasanya dimanfaatkan sebagai pengobatan liver dan juga perawatan pasien osteoatritis. Disamping itu kurkumin juga memiliki beberapa manfaat lain seperti sebagai analgesik, antioksidan dan juga anti-inflamasi

Selain itu dalam temulawak juga terdapat kandungan minyak atsiri yang berguna untuk penyakit rematik. Dari kedua zat yang ada didalam temulawak ini juga memiliki zat anti-oksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini ada beberapa manfaat dari tanaman temulawak yang baik untuk kesehatan dan penting untuk anda ketahui:

  1. Memelihara kesehatan organ hati

Dalam temulawak terdapat senyawa katagoga yang memiliki khasiat menjaga kesehatan fungsi hati. Katagoga memproduksi empedu dalam hati dan merangsang pengosongan kandung empedu. Dalam uji klinik yang dilakukan pada temulawak, memberikan hasil enzim yang dapat berguna untuk menurunkan kadar SGOT dan SGPT dalam dosis 15-30 mg kurkumin.

Manfaat lainnya biasanya dijadikan sebagai hepatoprotektor untuk melindungi liver akibat adanya efek samping dari penggunaan obat Kolesterol yang biasanya dikonsumsi dalam jangka panjang

  1. Meredakan radang sendi

Kandungan kurkumin dalam temulawak bermanfaat mengurangi radang sendi dan nyeri. Cara kerjanya adalah menghambat perpindahan sel-sel leuksit kepada daerah radang atau dangan penghambatan pembentukan serta transportasi mediator radang yaitu prostagladin.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2009 dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine , pasien yang diperiksa bermasalah pada radang sendi lutut meminum ekstrak temulawak dan ibuprofen setiap hari selama enam minggu.

Para peneliti menyimpulkan bahwa ekstrak temulawak bekerja dengan baik sebagai ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh arthritis tanpa mengalami efek samping yang merugikan.

  1. Mengatasi masalah pencernaan

Zat di dalam temulawak dapat merangsang produksi empedu di kandung empedu. Hal ini akan membantu meningkatkan fungsi pencernaan.

Khasiat temulawak memberikan dukungan terhadap berbagai masalah pencernaan termasuk gangguan pencernaan, kembung, gas dan dispepsia seperti manfaat kunyit

Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Gastroenterology dan Hepatology. Para pasien yang memakai suplemen kunyit setiap hari mengalami tingkat kekambuhan yang jauh lebih rendah dibandingkan pasien yang memakai plasebo selama enam bulan.

  1. Membantu menurunkan lemak darah

Temulawak menghasilkan fraksi kurkuminoid untuk membantu menurunkan kadar kolesterol total dan memberikan peningkatan pada kadar kolesterol HDL Zat kurkumaid.

Senyawa ini berperan dalam menurunkan lemak darah yang berdampak baik pada kesehatan jantung dan sistem kardiovaskuler dalam tubuh.

  1. Mencegah dan mengobati kanker

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2001 dalam jurnal ilmiah “The Prostat,” menemukan bahwa curcumin secara signifikan dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat dan berpotensi untuk mencegah perkembangan kanker hormon lainnya.

University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa, tanaman herbal dapat bekerja menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang memasok pertumbuhan kanker dan merupakan efek pencegahan yang mungkin berasal dari aktivitas antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan.

  1. Menambah nafsu makan

Bagi anda yang memiliki masalah karena berat badan terlalu kurus bias mengkonsumsi temulawak untuk suplemen kesehatan. Ini karena temulawak berkhasiat menambah nafsu makan anda. Tak heran setelah mengkonsumsi temulawak anda akan lebih sering makan dan berat badan anda akan bertambah

 

Efek Samping Temulawak

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mengkonsumsi temulawak tidak boleh berlebihan dan harus sesuai aturan.

Berdasarkan keterangan yang dilansir dalam situs webMD, maksimal konsumsi temulawak yang disarankan adalah selama 18 minggu.

Jika konsumsi dilakukan dalam jangka waktu yang lebih lama dan dalam jumlah besar, temulawak memiliki berbagai efek samping yaitu :

  1. Gangguan lambung

Salah satu efek samping temulawak adalah menyebabkan iritasi lambung dan mual, karena itu temulawak tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui.

  1. Risiko gangguan empedu

Selain tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui, temulawak juga sebaiknya dihindari oleh penderita batu empedu dan pasien yang mengalami penyumbatan saluran empedu.

Ini karena temulawak bekerja merangsang produksi empedu sehingga penderita gangguan empedu berisiko mengalami kondisi lebih parah jika mengonsumsi temulawak

  1. Dosis kurkuma berlebihan

Konsumsi temulawak yang dikombinasi dengan tanaman herbal lain yang mengandung kurkuma, seperti kunyit perlu dilakukan dengan hati-hati.

Jika harus mengonsumsi temulawak dengan tanaman lain yang mengandung kurkumin, Anda harus memperhatikan dosisnya agar tidak berlebihan.

  1. Risiko pendarahan

Tips penting jika Anda ingin mengonsumsi temulawak sebagai obat herbal. Jangan sembarangan mengonsumsi temulawak bersama dengan obat pengencer darah.

Karena temulawak sudah bekerja membantu menurunkan kadar lemak darah, sehingga jika ditambah dengan bahan kimia pengencer darah, dikhawatirkan justru mengakibatkan terjadinya pendarahan.

  1. Menambah nafsu makan

Efek samping lain yang relatif tidak berbahaya dari temulawak adalah sebagai penambah nafsu makan. Tidak heran jika temulawak sering digunakan sebagai obat alami penambah nafsu makan bagi anak-anak yang susah makan

Zat aktif yang terkandung dalam temulawak, yaitu kurkuma, dapat mempercepat pengosongan lambung sehingga mengonsumsi temulawak dalam dosis rendah akan menambah nafsu makan.

Hubungi kami :
''Jangan sungkan untuk menghubungi kami jika anda punya pertanyaan seputar infromasi poduk, harga jual, dan cara pembelian''
WA : 081227262498
''Dengan senang hati kami akan segera melayani anda''

 

Info Detail

Nomor Produk

279

Berat Barang

1000 gr

Tags

jual temulawak bubuk
 
Produk tidak tersedia

Alamat : Singosaren .Wirobrajan, Jogjakarta
No HP /Whats Apps: 081 227 262 498

obatherbalyogyakarta [at] gmail [dot] com